December 13, 2019

Wisata Destinasi Ikan Hiu Di Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat mempunyai nama besar yang telah dikenal sampai mancanegara. Bagian distrik dari Propinsi Papua Barat, Indonesia ini ialah sebuah surga kecil di unsur timur Indonesia dengan kekayaan hayati yang tidak butuh diragukan lagi. Raja Ampat memiliki nyaris 75% spesies terumbu karang yang terdapat di dunia, 1500-an spesies ikan laut, dan distrik kepulauan karang yang tiada bandingannya. Di samping itu, salah satu kehormatan hati khusus yang disandang Raja Ampat ialah keberadaannya sebagai di antara wilayah habitat ikan Hiu yang lumayan besar di dunia.

Ikan Hiu ialah ikan bertulang rawan yang bentuknya masih bertahan semenjak jaman purba. Ikan ini mempunyai 5-7 insang dan adalahkarnivora yang dikenal ganas di lautan. Ikan ini pun memiliki tidak sedikit sekali spesies dengan format dan spesifikasi yang berbeda, mulai dari Hiu Pigmi yang sebesar telapak tangan sampai Hiu Paus yang dapat tumbuh besar sampai 12 meter. Hiu ialah hewan purba yang dapat hidup sampai masa sekarang dan ini merupakan keanehan tersendiri yang dipunyai hiu. Namun, jumlahnya di dunia sekarang pun mulai terancam. Pengetahuan akan guna daging hiu, terutama sirip yang dapat memberikan khasiat untuk kesehatan telah menciptakan ikan fenomenal ini tidak sedikit dibantai dalam perburuan. Keberadaan ikan hiu secara umum di dunia ini mulai terancam, bahkan menurut keterangan dari data suatu lembaga konservasi Conservation International melafalkan bahwa 73 juta ekor hiu mati masing-masing tahunnya oleh sebab perburuan yang tidak terkendali.

Habitat ikan Hiu di Kepulauan Raja Ampat sebetulnya tersebar luas nyaris di semua wilayah perairan yang mempunyai karang-karang besar. Ikan Hiu sangat menyenangi wilayah ini untuk lokasi tinggal mereka. Kebiasaan berburu Ikan Hiu dalam kumpulan pun bakal lebih efektif dilaksanakan diantara karang-karang tersebut. Namun tidak bisa dipungkiri, jumlah Hiu di Raja Ampat pun merasakan penurunan layaknya populasi hiu dunia. Pemerintah tidak melulu diam menyikapi urusan ini. Kini Raja Ampat mempunyai peraturan resmi mengenai pelarangan perburuan Hiu di Raja Ampat dan butuh mendapatkan sokongan besar dari seluruh pihak.

Bagi Raja Ampat, eksistensi Ikan Hiu sangatlah penting. Beberapa titik penyelaman laksana perairan Misool dan Wayag menjadi habitat hiu yang paling menarik untuk para penyelam dunia. Para penyelam bisa mempelajari sekaligus merasakan sensasi yang luar biasa saat menyelam di tempat-tempat ini. Oleh sebab itu, Ikan Hiu secara tidak langsung sudah menjadi pesona besar untuk Kepulauan Raja Ampat, menilik Raja Ampat memang dikenal sebab keindahan surga bawah lautnya yang luar biasa. Di samping itu, Ikan Hiu adalahpredator yang sedang di puncak rantai makanan. Hal ini membuat eksistensi Hiu sangat diperlukan dalam menjaga ekuilibrium ekosistem bawah laut Raja Ampat. Bila jumlah Hiu berkurang, pasti saja ini dominan sangat besar untuk populasi ikan-ikan lain. Bahkan bila dibiarkan, populasi ikan beda yang tidak terkontrol akan menciptakan ekosistem tidak sebanding dan dengan gampang akan rusak. Dalam urusan ini, eksistensi Hiu sangat dominan juga terhadap kelestarian alam Raja Ampat.

Berbagai kenyataan di atas merupakan dalil yang lumayan kuat untuk kelestarian Hiu di Raja Ampat yang mesti tetap terjaga. Bila situasi ini terwujud, bukannya tidak barangkali Raja Ampat bakal menjadi pelopor pemulihan populasi hiu dunia. Di samping itu, nama Raja Ampat pun bakal semakin dikenal dan wisatawan yang datang ke Raja Ampat pun bakal meningkat. Habitat ikan Hiu yang secara alami dipunyai oleh Raja Ampat ialah sebuah peluang untuk pengembangan sektor pariwisata di area yang sering dirasakan surga dunia ini. Pelestarian Ikan Hiu seharusnya dapat membawa Raja Ampat, bahkan Indonesia ke puncak pariwisata alami dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *