November 11, 2019

Syarat Nikah di KUA Terbaru 2019 yang Perlu Kamu Ketahui

 

Siapa sih yang nggak pengen menikah dan menjalin kehidupan berumah tangga? Umumnya, masing-masing orang yang sudah lumayan dewasa pasti menginginkan supaya dirinya segera menikah. Selain sebab bertujuan untuk menggali penerus, seringkali melalui proses pernikahan pun seseorang bertujuan guna lebih mendewasakan diri lagi lewat sebanyak tanggung jawab baru yang mesti diemban. Nah, agar nanti pernikahanmu dirasakan sah di mata hukum Indonesia, maka terlebih dahulu anda perlu mengisi sejumlah kriteria nikah di KUA.

Karena andai tidak, pernikahanmu akan dirasakan tidak sah oleh hukum dan kedudukan pada KTP-mu juga tak bakal berubah alias tetap ‘lajang’. Kasihan, kan? Makanya, yuk langsung aja disimak 14 kriteria nikah di KUA inilah ini!

1. Surat penjelasan untuk nikah
Pertama, luangkanlah masa-masa sejenak guna pergi ke kantor desa atau kelurahan tempat anda tinggal. Kemudian mintalah pertolongan kepada pegawai yang sedang bertugas agar membuatkanmu surat penjelasan untuk nikah. Ikuti seluruh prosedurnya dengan baik dan tunggu hingga suratnya sah keluar.

2. Surat penjelasan asal-asul

Serupa dengan surat penjelasan untuk nikah, surat penjelasan asal usul juga dapat kamu dapatkan dari kantor desa atau kelurahan setempat. Surat ini diciptakan dengan destinasi untuk memahami segala informasi dasar mengenai kamu. Mulai dari nama, lokasi tinggal, tanggal lahir, kegiatan kamu sampai info dasar kedua orangtuamu.

3. Surat persetujuan mempelai

Nah, ini surat yang terbilang urgen banget guna segera anda bikin. Sebab andai tidak, si dia nanti keburu berubah benak dan gak jadi nikah dengan kamu. Bisa jadi, kan? Oleh sebab itu, usahakanlah guna mengurus surat ini terlebih dahulu supaya si calon pasangan anda cepat menandatanganinya dan susah untuk berubah benak lagi.

4. Surat penjelasan tentang orang tua
Untuk surat yang satu ini, kedua orangtua kamulah yang mesti mengisinya. Namun secara umum, isian yang terdapat pada surat ini tidak cukup lebih nyaris serupa dengan surat penjelasan asal usul, hanya bertolak belakang pada formatnya saja.

5. Syarat nikah di KUA berikutnya ialah mengajukan surat pengumuman kehendak nikah di PPN setempat

Setelah melengkapi seluruh Dokumen nikah diatas, maka tahapan selanjutnya ialah mengajukan surat pengumuman kehendak nikah untuk pegawai pencatat nikah (PPN) pada KUA kecamatan setempat. Di dalam surat ini anda akan memenuhi data mengenai nama anda dan calon pasanganmu, hari/tanggal dan lokasi pelaksanaan akad nikah, sampai mas kawin atau mahar.

6. Bukti imunisasi TT (Tetanus Toxoid) I untuk calon pengantin wanita, kartu imunisasi, dan imunisasi TT II dari puskesmas setempat

Kamu dapat meminta surat penjelasan ini di Puskesmas terdekat ya. Biayanya juga murah selama Rp 15 ribu saja kok.

7. Membayar Rp. 30.000 untuk ongkos pencatatan nikah
Jangan tak sempat siapkan uang sebanyak Rp 300 ribu guna mengurus ongkos administrasi di KUA. Uang ini dipakai untuk ongkos pencatatan pernikahanmu.

8. Surat izin pengadilan bila kamu tidak diperbolehkan oleh orangtua/wali

Biasanya terdapat lho orang yang pingin menikah namun terkendala oleh izin dari orangtua/wali-nya. Sementara di antara syarat nikah di KUA ialah kamu perlu surat penjelasan untuk nikah yang mana tidak bakal dikeluarkan oleh pihak kelurahan tanpa izin dari orangtua kamu.

9. Pas potret ukuran 3 x 2 sejumlah 3 lembar

Jangan lupa pun untuk menyiapkan masa-masa untuk buat pasfoto. Berhubung kitab ini akan anda miliki seumur hidup, nggak terdapat salahnya guna dandan dan menggunakan pakaian terbaikmu ya.

10. Dispensasi dari pengadilan untuk calon suami yang belum berumur 19 tahun dan untuk calon istri yang belum berumur 16 tahun

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Mame HP/whatsapp Simpati : +6282114441424

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau dapat menghubungi kami via :

Email: jangkargroups@gmail.com
Telegram : t.me/jangkargroups
Twitter:@fauzimanpower
FB: pt jangkar global groups
Instagram : jangkargroups
Google Playstore : jangkarapps
Google Plus : Akhmad Fauzi Manpower
Youtube : jangkar tv
Linkedin : Akhmad Fauzi Manpower

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *