November 20, 2019

Perkembangan Teknologi di Luar Angkasa dalam Era Globalisasi dan Dampaknya

 

Memasuki era abad 20 an, peradaban di bidang teknologi membawa umat insan memasuki perjalanan angkasa yang memunculkan pengertian yang lebih dalam mengenai alam semesta, dan mengeksplor lebih jauh tentang tata surya.

Penerbangan Mereka yang dimulai pada tanggal 17 desember 1903, pelopor penerbangan mereka adakah Olivier dan Wilbur Wright.dan akhirnya tidak cukup dari 66 tahun kemudian, Neil Amstrong menjadi orang kesatu yang menginjakan diri sebagai insan kesatu yang menginjakan kaki ke bulan.untuk informasi lebih lanjut bisa langsung kunjungi dulurtekno.com

Dan pada tanggal 21 juli 1969 Neil Amstrong dari 3 orang awaknya yang menaiki Apollo 11 ketika Sudah Mendarat di bulan, dia mengirim radio dengan suara “elang sudah Mendarat..satu tahapan kecil untuk manusia, satu lompatan raksasa untuk manusia”

Dan pada tahun 1969-1972, semua astronot dari Amerika mengerjakan pendaratan lagi di bulan, dan Kali ini mereka membawa sejumlah sampel tanah dan bebatuan bulan untuk meningkatkan kekayaan guna kepentingan teknologi antariksa.

Penjelasan:

Teknologi berasal dari bahasa Yunani techne = kegiatan dan logos = studi peralatan, formalitas atau cara yang dipakai dari sekian banyak cabang industri. Teknologi luar angkasa ialah teknologi yang dipakai untuk pergi keluar antariksa & memungut objek dari antariksa luar. Teknologi keseharian seperti teknologi peramalan cuaca, satelit, sampai sistem GPS memanfaatkan infrastruktur yang di bina di luar angkasa. Ilmu pengetahuan astronomi dan ilmu bumi pun memanfaatkan teknologi luar antariksa untuk mengerjakan penginderaan jauh.

Ilmu pengetahuan dan teknologi tidak jarang kali berubah dan berkembang ke arah yang lebih maju seiring dengan perkembangan insan dan era globalisasi. Perkembangan teknologi-teknologi yang paling cepat memberikan guna yang luar biasa untuk kemajuan kehidupan umat manusia. Pekerjaan yang sulit digarap oleh insan sekarang diganti menjadi mesin-mesin yang paling memudahkan insan dalam menjalankan kehidupan dan pun kepentingan belajar mereka.

Kecepatan teknologi yang semakin tinggi membawa pengaruh yang besar untuk kehidupan manusia. Contoh yang paling besar ialah dengan dibuatnya satelit komunikasi yang dikenalkan NASA pada tahun 1957 yang terus berkembang sampai kini dan membawa akibat yang besar untuk kehidupan manusia. Satelit komunikasi menciptakan komunikasi global menjadi lebih gampang dan pun murah. Kita pun jadi dapat menggunakan radio dan tv yang kian lama terus berkembang kecanggihannya.

Sejarah:

Perkembangan teknologi luar antariksa melekat dengan 2 negara yakni Amerika Serikat dan Uni Soviet yang kini menjadi Rusia dan istilah “Space Race”. Pada tadinya space race / kompetisi antariksa ini adalahperang dingin antara AS & Uni Soviet mereka berlomba-lomba guna menjadi yang kesatu. Istilah “Space Race” / “Perlombaan Antariksa” ini muncul sebab Uni Soviet yang sukses meluncurkan satelit Sputnik I pada tanggal 4 Oktober 1957 yang mengejutkan Amerika Serikat. Satelit Sputnik I merupakan mula dari berkembangnya teknologi luar angkasa.

Peristiwa-Peristiwa Penting:

Peristiwa urgen yang mendasari berkembangnya teknologi luar antariksa dengan cepat dibuka saat adanya perlombaan antariksa dan perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Mereka bersaing menjadi yang kesatu dalam tujuan luar angkasa. Misi Apollo 11 ialah misi kesatu yang mendaratkan insan ke Bulan, yakni astronaut Neil Armstrong. Kedua negara itu saling berlomba untuk mendapat gelar pionir di luar angkasa.

Misi Apollo 11 yakni misi yang mendaratkan insan di Bulan, astronaut Neil Armstrong. Uni Soviet ialah negara kesatu yang sukses meluncurkan satelit mempunyai nama Sputnik 1 pada 4 Oktober 1957. Pada November 1957 Uni Soviet mengenalkan satelit Sputnik II dengan menyertakan seekor anjing mempunyai nama Laika.

Majunya Uni Soviet disaingi oleh Amerika dengan teknik Amerika mengenalkan satelit Explorer 1 pada 31 January 1958 terus dibales lagi sama uni soviet dengan ngirim Sputnik III pada 15 mei 1958 terus tanggal 4 oktober 1959 uni soviet menciptakan satelit empuk yang dapat kelilingi bumi sama bulan. Orang uni soviet yang mempunyai nama Yuri Gagarin, kosmonot sukses menjadi insan kesatu yang mengerjakan perjalanan ini pada tanggal 12 April 1961.

Setelah tersebut disusul lagi dengan John Glenn yang ialah manusia kesatu yang ngorbit Bumi pada 20 Februari 1962 dengan pesawat Friendship 7 yang dimiliki oleh Amerika Serikat, dan Neil Amstrong insan kesatu yang tiba di bulan tanggal 20 juli 1969 pake pesawat Apollo 11 kepunyaan Amerika Serikat

Dampak positif untuk kehidupan insan :
– Mempercepat proses persebaran informasi secara akurat dan mutakhir
– Mempermudah komunikasi antarwilayah
– Pengembangan wawasan
– Sarana hiburan
– Media pertukaran data data secara efektif dan cepat

Dampak negatif untuk kehidupan insan :
– Memudarnya nilai tradisional dalam masyarakat
– Semakin banyaknya pembajakan hasil karya
-munculnya sifat induvidualismee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *