November 20, 2019

Cara Mengajukan Klaim Asuransi ke Ekspedisi

Pernahkah anda mempunyai pengalaman menerima barang dalam suasana rusak? Atau barangkali barang pesanan anda tidak sampai ke alamat destinasi alias hilang? Mungkin masalah tersebut yang sedang anda alami.

Sebelumnya, kami akan menyatakan tentang apa itu asuransi pengiriman pengiriman barang.

Asuransi pengiriman pengiriman barang yakni perusahaan yang meluangkan jasa perlindungan terhadap dagangan yang dikirim oleh sebuah ekspedisi. Umumnya ongkos asuransi ekspedisi barang tidak lebih dari 1% dengan perhitungan:

Nilai beli barang yang bakal dikirim dipecah standar harga dari jasa asuransi tersebut.

Klaim asuransi adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dalam sebuah proses ekspedisi barang. Sejatinya, seluruh orang mengharapkan fasilitas dan keberhasilan dalam mengklaim barangnya yang bobrok atau hilang. Bagi itu, pada tulisan ini kami bakal menjelaskan teknik mengajukan klaim asuransi pengiriman yang mayoritas dipakai oleh masyarakat Indonesia yakni JNE, J&T, dan TIKI.

Cara Mengajukan Klaim Asuransi JNE

Saat mengerjakan transaksi ekspedisi barang memakai jasa ekspedisi JNE kemudian barang kita hilang, rusak, atau terlambat datang, kita dapat mengemukakan klaim asuransi untuk JNE.

Pengajuan klaim asuransi JNE dapat dilaksanakan dengan datang langsung ke kantor pusat JNE di kota Anda. Selain tersebut juga dapat dilakukan di kantor cabang maupun agen. Bagi alamat kantor JNE di kota-kota besar, Anda bisa melihatnya pada artikel-artikel di blog ini.

Biasanya banyak sekali orang bakal langsung menghubungi kontak staf Customer Service JNE pusat inilah ini di kala merasakan kepanikan ketika barangnya bobrok atau hilang:

– Telepon: 021 2927 888

– Email: customercare@jne.co.id

Namun terdapat baiknya bila Anda menghubungi kontak kantor JNE yang terdekat dengan lokasi tinggal kita saja.

Bagi anda yang bermukim di wilayah Surabaya, anda dapat mengunjungi alamat kantor pusat, cabang, maupun agen JNE yang terdekat dengan lokasi tinggal anda di kota anda, misalnya ekspedisi Surabaya Ataupun ekpedisi dimana anda tinggal.

Perlu diingat, guna dapat mengerjakan klaim asuransi ke JNE terdapat sejumlah dokumen yang mesti kita bawa sebagai bukti, yaitu:

Invoice / faktur pembelian barang yang diantarkan tersebut.

Bukti resi asuransi yang kamu miliki.

Bukti airway bill / resi yang asli.

Mengisi surat klaim (dilengkapi dengan identitas diri yang sah).

Dokumen-dokumen di atas mesti di berikan kepada pihak JNE maksimal 2 minggu sesudah terjadinya permasalahan kerusakan/kehilangan. Jika telah lebih dari 2 minggu, maka barang kita tidak dapat dikemukakan untuk klaim atau ganti rugi.

Cara Mengajukan Klaim Asuransi J&T

Untuk bisa mengklaim barang kita di J&T, terdapat sejumlah hal yang butuh Anda ketahui terlebih dahulu, di antaranya:

Di J&T, pihak yang dapat mengerjakan pengajuan klaim ialah pihak pengirim. Jadi bilamana posisi Anda ialah sebagai penerima barang, maka tidak dapat mengemukakan klaim ke J&T. Yang bisa Anda kerjakan sebagai pembeli ialah melaporkan untuk si penjaja (dalam permasalahan ini barangkali marketplace atau toko online lokasi Anda melakukan pembelian barang tersebut). kita dapat mengantarkan bukti berupa potret barang bobrok yang kita terima untuk penjual guna dapat diteruskan ke J&T. Apabila posisi Anda ialah sebagai penjaja / pengirim barang, usahakan Anda tidak jarang kali menyimpan bukti order atau resi, atau potret barang sebelum kita packing.

Bersegeralah dalam mengemukakan klaim ke J&T sebab ganti rugi melulu berlaku maksimal 3 hari sesudah barang diterima.

Setelah Anda mengetahui 2 urusan krusial di atas, inilah kami jelaskan teknik mengajukan klaim barang ke pengiriman J&T (bagi pengirim/penjual barang):

Mendatangi kantor J&T terdekat dan mengadukan tuntutan ganti rugi untuk petugas Customer Service di kantor itu (atau dapat juga ke kepala agennya langsung). Hindari mengadukan klaim ke kurir sebab bukan kurir yang mempunyai wewenang guna mengabulkan ganti rugi barang Anda. Jangan lupa guna meminta bukti berupa surat laporan berstempel J&T atau sebagainya sebagai bukti jasmani bahwa kita telah mengadukan adanya barang bobrok / hilang.

Minta kejelasan untuk pihak pengiriman berapa lama Anda mesti menantikan kejelasan keputusan klaim. Berikan pun kontak nomor telepon pembeli (penerima barang) atau korban yang menerima barang rusak.

Minta nomor telepon atau WhatsApp J&T yang bisa dihubungi guna follow-up.

Lakukan follow-up terhadap laporan klaim kita tersebut sesudah 1 x 24 jam. Follow-up tidak mesti mengunjungi kantornya lagi, bakal tetap dapat Anda kerjakan via telepon atau WhatsApp saja.

Hubungi pembeli dan sampaikan bahwa Anda sudah memproses klaim barangnya. Beri penjelasan untuk pembeli (penerima) guna sabar menunggu.

Sampai di sini keharusan penjual atau pengirim barang selesai. Pihak J&T bakal menghubungi pembeli (penerima barang) guna proses ganti rugi.

Hal beda yang butuh diperhatikan:

Selalu simpan bukti resi hingga barang benar-benar diterima dengan baik.

Sebutkan harga barang dengan jujur untuk pihak pengiriman karena besaran ganti rugi akan cocok dengan harga barang yang kita sebutkan.

Ajukan klaim ganti rugi ke agen pengiriman (cabang) di mana kita mengirimkan, tidak boleh ke kantor pusat sebab ganti rugi bukan tanggung jawab kantor pusat.

Cara Mengajukan Klaim Asuransi TIKI

TIKI menyerahkan premi asuransi sebesar 0,225 persen untuk masing-masing barang yang dikirimkan. Jadi, andai ada masalah kehancuran atau kehilangan bakal mendapat ganti rugi sebesar nilai barang tersebut.

Apa saja yang mesti diangkut ketika hendak mengajukan klaim ke kantor TIKI?

KTP penerima barang

Nomor resi dan notanya

Barang bobrok yang hendak diklaim, atau potret barang tersebut

Jika semua persyaratan di atas telah lengkap, silakan kerjakan langkah-langkah berikut:

Datangi kantor TIKI terdekat dan laporkan klaim Anda.

Klaim berlaku maksimal 15 hari sesudah barang diterima.

Pihak TIKI akan memeriksa seluruh persyaratan dan melewati prosedur verifikasi.

Apabila persyaratan telah terpenuhi, pihak TIKI bakal memproses klaim Anda.

Pihak yang mengemukakan klaim bakal dihubungi oleh TIKI

Itulah prosedur pengusulan klaim barang yang bobrok atau hilang di JNE, J&T, dan TIKI. Semoga yang sedang memperjuangkan haknya segera mendapat kepastian dan hasil ganti rugi yang cocok dengan harapan, ya… Tetap semangat! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *