December 12, 2019

4 Menu Khas Ambon Yang Wajib Dicoba di Tempat

Jika Anda ialah orang yang sangat suka berpetualang kuliner masing-masing kali Anda mendatangi tempat baru, maka wisata kuliner ala Ambon jelas tidak boleh sampai kita lewatkan. Di samping lezat, berbagai sajian khas Ambon pun menawarkan citarasa nan unik, sampai-sampai tak jarang ada tidak sedikit berita ambon yang membicarakan soal berbagai makanannya.

Wah, apa saja ya makanan khas Ambon yang mesti Anda coba? Daripada penasaran, yuk simak rekomendasinya di sini!

  1. Sambal Colo-Colo

Salah satu karakteristik kuliner Ambon ialah rasa pedasnya yang unik. Nah, rasa itu dihadirkan oleh sambal colo-colo, yang jadi opsi sambal utama guna makanan khas Ambon. Beda dengan sambal khas Jawa, sambal colo-colo tidak diubah dengan teknik diulek. bahan-bahannya sendiri terdiri atas cabe rawit, bawang merah, daun seledri, dan tomat, yang kemudian dibaur dan diperbanyak dengan perasan jeruk nipis dan taburan garam guna rasa pedas-asam yang khas.

  1. Rujak Natsepa

Makanan yang satu ini hanya dapat Anda temukan di Pantai Natsepa, sampai-sampai Anda tentu akan kendala menemukannya di lokasi lain. Meski begitu, sebetulnya rujak Natsepa punya bahan-bahan yang serupa seperti rujak pada umumnya, laksana belimbing, kedondong, timun, nanas, pepaya, nanas, dan varian buah-buahan lainnya. Tapi, keanehan makanan ini berasal dari bumbunya, yang mencampurkan irisan gula merah, kacang tanah goreng, dan pala.

  1. Kohu-Kohu

Di sejumlah daerah di Pulau Jawa, makanan ini biasa dinamakan dengan nama urap. Kohu-kohu ala Ambon sendiri tercipta dari gabungan tauge, kacang panjang, daun kemangi, dan timun yang dibaur irisan bawang merah dan bawang putih, cabe, kelapa parut, perasan jeruk nipis, dan potongan ikan cakalang yang disuwir kecil-kecil. Bagi menikmatinya, Anda dapat menyantap kohu-kohu ditemani dengan ubi jalar, singkong, talas, maupun pisang rebus.

  1. Nasi Lapola

Rasa nasi yang satu ini lumayan unik sebab mencampurkan beras dengan kacang tolo. Uniknya lagi, beras yang dipakai dimasak melulu sampai separuh matang, lho! Setelah itu, nasi diberi taburan kelapa parut dan tidak banyak garam, lantas dikukus hingga matang. Hasilnya ialah sajian nasi yang gurih dan tentunya lezat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *