November 20, 2019

4 Cara Membersihkan Sofa Kulit

 

Memasuki tahun yang baru, barangkali Anda bercita-cita untuk mengerjakan perubahan. Perubahan ini tidak saja dalam diri Anda, tetapi pun pada hunian Anda. Jika kita belum mempunyai budget yang lumayan untuk mengerjakan renovasi atau evolusi besar, tidak boleh khawatir, kita tetap dapat melakukan evolusi yang signifikan melulu dengan mengatur ulang furnitur dan mencuci furnitur lama.

Ada sejumlah furnitur yang memerlukan perawatan eksklusif untuk mengawal kualitas dan kebersihannya, diantaranya sofa, kursi, meja, sampai tempat tidur. Beberapa furnitur dengan material kulit misalnya, membutuhkan perawatan eksklusif atau bakal lebih cepat bobrok dan usang.

Sofa kulit memang menyerahkan sentuhan anggun pada hiasan rumah Anda. Namun sofa mewah ini memerlukan perawatan eksklusif untuk mengawal kualitas kulit. Pada sofa atau bangku dengan material kulit, kita tidak dapat membersihkannya melulu dengan memakai lap basah.

Cara mencuci sofa kulit yang tidak tepat bisa merusak sofa mahal kita dalam masa-masa singkat. Penggunaan deterjen dan pembersih dengan bahan dasar amonia pun harus dihindari. Meskipun sofa dengan material kulit termasuk lebih powerful dan tahan lama, tetapi perawatannya mesti benar-benar dijaga.

Bagaimana langkah-langkah teknik membersihkan sofa kulit?
1. Bersihkan dengan vacuum cleaner
Gunakan vacuum cleaner dengan ujung sikat lembut guna menghisap kotoran dan debu pada permukaan sofa sampai ke bagian-bagian dalam. Pastikan seluruh permukaan sofa sudah bersih dan tidak terdapat bagian yang terlewatkan sebelum kita melakukan tahapan berikutnya. Gunakan pipa dengan ujung mungil untuk mencapai bagian dalam dan lipatan sofa. Lakukan pembersihan dengan halus dan berhati-hati supaya tidak menggores permukaan kulit.

2. Bersihkan permukaan sofa memakai kain lembab
alat kesucian rumah lap
Kain microfiber
Gunakan kain lembut yang lembab (bukan basah) untuk mencuci debu yang menempel. Berikan tidak banyak tekanan ketika mengelap permukaan sofa, kemudian biarkan sampai mengering dengan sendirinya. Jangan keringkan sofa kulit memakai hair dryer atau dijemur dibawah matahari. Hair dryer dan sinar matahari langsung bisa menghilangkan kelembaban material kulit dan menjadikan permukaan pecah-pecah.

3. Gunakan pembersih eksklusif material kulit
cara mencuci sofa kulit
Gunakan pembersih sofa eksklusif material kulit
Untuk mencuci kotoran atau noda pada sofa dengan material kulit, Anda membutuhkan pembersih eksklusif material kulit. Ada tidak sedikit merk pembersih guna material kulit yang terdapat di pasaran, terdapat yang berbentuk cair, gel maupun lotion, pilih yang cocok dengan keperluan Anda. Aplikasikan lotion pembersih ini memakai spons atau kain lap yang lembut dengan gerakan memutar. Lalu angkat kotoran memakai kain bersih. Hindari pemakaian kain lap berwarna, guna menghindari transfer warna dari kain ke sofa.

4. Tambahkan pelembab
Meskipun sejumlah produk pembersih material kulit sudah dilengkapi dengan pelembab atau conditioner, kita baiknya andai Anda menambahkan pelembab pada semua permukaan sofa kulit secara merata. Gunakan kain lembut guna mengaplikasikan pelembab ini. Pelembab atau conditioner bermanfaat untuk membalikkan dan mengawal kelembaban material kulit supaya tidak pecah-pecah dan mengering. Selain tersebut pelembab ini dapat pun mengembalikan wewangian alami kulit.

Cara mencuci sofa kulit ini dapat pun diaplikasikan pada tas, sepatu maupun jaket yang tercipta dari material kulit pribumi maupun imitasi, dan bukan bahan suede. Bagi material suede, hindari pemakaian kain lembab dan pakai cairan pembersih eksklusif material suede. Dengan perawatan dan produk yang tepat, sofa, tas, jaket maupun sepatu kulit Anda bakal bertahan lebih lama.

Setelah seluruh sofa bersih, tidak boleh lupa untuk mengerjakan penataan ulang dan penambahan sejumlah furnitur supaya tampilannya terlihat baru dan lebih fresh. Sudah siapkah Anda mengerjakan perubahan? namun untuk hasil yang lebih bersih dan cepat bisa menggunakan Jasa cuci sofa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *