February 23, 2021

Mengungkap Misteri Pemasangan di Dinding Vesa

 

VESA (Asosiasi Standar Elektronik Video)

Katalog Elektronik – VESA (Video Electronics Standards Association) adalah badan internasional, didirikan pada akhir 1980-an oleh NEC Home Electronics dan delapan produsen adaptor tampilan video lainnya yang bertujuan untuk menetapkan standar antarmuka seluruh industri yang dirancang untuk PC, workstation, monitor panel datar, dan TV .

Mengidentifikasi Standar VESA

Definisi standar, antara lain, berbagai jenis pola 4 lubang yang biasanya ditampilkan di tengah di sisi belakang sejumlah besar monitor dan TV, di mana dudukan dan braket alternatif dapat dipasang setelah penyangga dasar dilepas .

Kadang-kadang istilah ini disingkat menjadi FDMI yang didefinisikan sebagai standar Antarmuka Pemasangan Tampilan Datar, tetapi lebih dikenal sebagai dudukan atau braket VESA.

Pengelompokan utama VESA adalah sebagai berikut: –

VESA MIS-D

Memiliki pola lubang pemasangan baik dalam pola persegi 100 mm x 100 mm atau 75 mm x 75 mm.

VESA MIS-E

Lubang pemasangan berbentuk persegi panjang 200 mm x 100 mm.

VESA MIS-F

Beberapa lubang diberi jarak dengan kelipatan 200 mm (misalnya 400 x 200 mm, 600 x 400 mm dll.).

Membuat Pilihan yang Terinformasi

Saat membeli dudukan / braket LCD / Plasma, deskripsi produk harus menyatakan apakah produk tersebut sesuai dengan satu atau beberapa dimensi standar VESA yang disebutkan di atas dan / atau apakah memiliki banyak pola lubang agar sesuai dengan layar non-VESA, yang sering disebut universal perlengkapan. Seringkali, pabrikan gagal menentukan standar yang tepat, dan konsumen harus memeriksa alat kelengkapan di bagian belakang layar. Bahkan telah diketahui bahwa proses produksi yang berbeda dari layar tertentu memiliki lubang pemasangan yang memenuhi standar yang berbeda. Saran saya adalah menunggu sampai bagian belakang layar dapat diperiksa, atau meminta saran dari dealer terkemuka.

Meskipun standar awalnya terbatas pada monitor dan televisi LCD yang lebih kecil, standar ini menjadi semakin umum karena ketersediaan pemasangan universal pihak ketiga telah meningkat. Banyak pabrikan sekarang mengadopsi standar MIS-F yang lebih besar untuk layar plasma dan LCD yang lebih besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *