May 4, 2021

Desainer Grafis harus mengajukan pertanyaan ini ke klien saat membuat katalog elektronik

 

Software Procurement Menginterview desainer grafis untuk project katalog elektronik sudah biasa. Tapi bagaimana caranya agar kita tahu kalau kita tidak salah memilih desainer?

Jika Anda adalah seorang klien yang menyewa jasa desain grafis untuk membuat katalog elektronik, perhatikan apa yang ditanyakan oleh desainer tersebut. Desainer grafis yang profesional akan menanyakan hal-hal berikut ini!

  1. Apa tujuan katalog elektronik ini dibuat?

Tentu saja, harus ada tujuan dari katalog. Katalog yang cantik dan menarik saja tidak cukup jika tidak dapat memenuhi goal marketing toko online Anda. Pertanyaan ini membantu desainer untuk menggunakan elemen desain yang cocok dengan tujuan awal.

Desainer katalog yang profesional pasti akan menanyakan hal ini di awal diskusi karena sangat berhubungan erat dengan hasil yang ingin dicapai.

  1. Apakah Anda sudah memiliki katalog?

Seorang desainer grafis pasti membutuhkan referensi untuk membuat katalog elektroniknya. Referensi ini bisa dari katalog lama atau benar-benar fresh dari idenya. Hal ini akan menentukan harga jasanya. Jika konsep yang diusung hanya memperbarui desain lama, tentu harganya akan lebih murah dibandingkan membuat dari nol tanpa referensi. Artinya, sang desainer harus memikirkan logo dan branding identity toko Anda.

  1. Siapa kompetitor Anda?

Pertanyaan ini wajar dilontarkan oleh seorang desainer yang profesional. Mereka ingin tahu seperti apa model katalog elektronik produk saingan Anda. Dari sini, mereka bisa dapat gambaran bagaimana tampilan katalog yang cocok untuk toko Anda, tetapi tetap memiliki keunikan yang berbeda dengan kompetitor.

 

  1. Apakah Anda sudah menyediakan foto produk?

Foto produk adalah bagian penting dari katalog elektronik. desainer yang profesional akan menanyakan, apakah foto sudah disediakan klien atau mereka harus memotretnya dari awal. Proses pembuatan katalog akan lebih lama bila masih belum ada dokumentasi produk. Jika memang sudah tersedia, desainer pasti ingin melihat, seperti apa mood yang ditampilkan foto tersebut agar selaras dengan layout yang mereka buat nantinya.

Sebenarnya, Anda dapat melihat kualitas seorang desainer dari cara mereka mengajukan pertanyaan dan seberapa tertarik mereka dengan goal dan foto-foto produk Anda. Tidak ada yang Namanya 1 desain untuk semua. Karena setiap produk pasti memiliki keunikan tersendiri yang harus dipertimbangkan dengan matang. Dengan pertanyaan yang tepat, dan kualitas desain yang baik, niscaya, katalog elektronik Anda akan dapat membantu Anda mencapai goals.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *